Selasa, 12 Maret 2019

PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER DAN MANFAATNYA




Pengertian jaringan komputer
Jaringan komputer memiliki banyak pengertian, namun kali ini sudah kita rangkumkan agar mudah untuk dipahami. Berikut penjelasan dari pengertian jaringan komputer
Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer, termasuk juga perangkat-perangkat lain pendukung komputer untuk saling terhubungan dalam suatu kesatuan. Media yang terdapat pada jaringan komputer bisa memakai transmisi data berupa kabel atau tanpa kabel sehingga pengguna jaringan bisa melakukan proses pertukaran informasi. Setiap komputer , atau perangkat-perangkat yang terhubung dalam suatu jaringan disebut node, dan dalam sebuah jaringan komputer bisa memiliki dua, puluhan, ribuan , atau bahkan jutaan node.
Jaringan komputer merupakan gabungan dari beberapa komputer dimana saling terhubung antara satu dengan lainnya memakai aturan protokol komunikasi yang telah ditetapkan menggunakan media komunikasi, sehinga dapat saling berbagi informasi, dalam berbagai bentuk seperti software atau program, bisa juga berbagi perangkat keras seperti printer. Pengertian jaringan komputer juga dapat didefinisikan sebagai kumpulan beberapa terminal komunikasi yang letaknya di berbagai tempat, dimana setiap terminalnya terdiri dari satu atau lebih komputer yang saling terhubung.

Manfaat jaringan komputer
Setelah pengertian dan sejarah jaringan komputer, maka penjelasan selanjutnya yakni tentang manfaat jaringan komputer, banyak sekali manfaat jaringan komputer, seperti berikut ini
  1. Sharing resource, bertujuan supaya semua peralatan, peripheral, dan program lainnya bisa dimanfaatkan oleh setiap komputer yang terhubung pada jaringan tanpa terpengaruh oleh lokasi maupun pengaruh dari sang user.
  2. Media komunikasi, dimana jaringan komputer dapat menjalin komunikasi antar sesama pengguna jaringan yang ketika itu sama – sama terhubung satu jaringan, seperti teleconference atau hanya mengirim pesan atau bahkan seperti informasi penting lainnya.
  3. Integrasi data,dalam  jaringan komputer ini bisa mencegah ketergantungan terhadap komputer pusat, karena dalam setiap proses data tidak harus dijalankan pada satu komputer saja, melainkan bisa didisribusikan ke beberapa komputer lainnya yang sudah terhubung dalam jaringan. Karena itulah, pengintegrasian data sangat memudahkan pemakai untuk bisa mendapatkan serta  mengolah informasi pada waktu kapan saja.
  4. Pengembangan serta  pemeliharaan, pengembangan peralatan bisa dilakukan dengan mudah serta menghemat biaya. Jaringan komputer dapat juga memudahkan pemakainya dalam merawat harddisk dan peralatan yang lainnya.
  5. Keamanan data, sistem jaringan komputer dapat menjamin keamanan data,disebabkan pemberian dan pengaturan pada hak akses dapat disesuaikan kepada para pemakai, serta teknik perlindungan pada peralatan penyimpanan membuat data memperoleh perlindungan keamanan data.
  6. Sumber daya lebih efisien serta informasi tekini, dengan pemakaian sumber daya dengan bersama-sama akan menimbulkan hasil yang maksimal dan memiliki kualitas yang tinggi. Dikarenakan juga data atau informasi yang diakses selalu terbaru atau update, karena dalam setiap perubahan yang terjadi  bisa segera langsung diketahui oleh setiap user.
Sumber : { http://kecetechnology.blogspot.com/2017/06/pengertian-sejarah-manfaat-dan-macam.html }

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TUGAS PERTEMUAN 13

TOPOLOGI JARINGAN SEDERHANA KETENTUAN 1. Buatlah jaringan komputer sesuai dengan topologi yang telah disediakan 2. Pada jaringan ...